Banshee, A (Near) Perfect Mixture between Trashy and Fartsy


Sex, boobs, violence...


Agak telat sih, tapi saya baru tahu kalau ternyata Alan Ball punya proyek baru lagi selain True Blood yang ngebosenin itu. Serial yang satu ini bisa dibilang versi modern dari film-film western ala Clint Eastwood. Premisnya sederhana. Jagoan utama kita, Lucas Hood, adalah pria pendiam dengan masa lalu kelam yang baru saja dibebaskan dari penjara. Walaupun begitu, ia belum bisa hidup tenang. Sekelompok pria misterius mengejarnya dan memaksanya bersembunyi di kota kecil bernama Banshee.

Banshee sendiri bukan kota sembarangan. ia dikuasai sama pebisnis kejam bernama Kai Prector, yang bapaknya adalah seorang amish. Untuk membersihkan kota ini dari cengkraman kelompoknya, pemerintah setempat sebenarnya sudah berusaha untuk mengangkat sheriff baru dari luar kota. Sayangnya, sang sheriff yang baru tiba di kota ini keburu dibunuh oleh geng lokal setempat ketika sedang merampok sebuah bar kecil. Lucas Hood kebetulan ada di sana dan seketika ia punya ide brilian untuk mengambil identitas sheriff baru ini.

Lah, kalau emang mau mengasingkan diri, kenapa harus pura-pura jadi sheriff baru yang lagi ditunggu-tunggu di kota itu?

Ya, premisnya gak masuk akal. Namun, ini bukan jadi alasan untuk gak bisa menikmati serial yang penuh dengan adegan-adegan what-the-fuck ini. Duet kreator, Jonathan Tropper dan David Schickler kayanya tahu kalau premis mereka gak istimewa. Karenanya, mereka gak segan-segan buat ngelempar berbagai adegan nyeleneh yang bikin mata kita gak bisa lepas dari TV.

Di episode pertamanya saja, Banshee udah dihiasi sama adegan-adegan yang bikin saya nyengir lebar. Ada pemimpin geng drag queen yang punya peralatan canggih di markasnya, bos gangster misterius bernama Mr. Rabbit yang cuma kelihatan siluetnya saja, dan suguhan sex  +  brutal-nya yang gak setengah-setengah.

Emang sih, serial ini gak bisa dibandingin sama judul-judul kaya Game of Thrones atau Justified. Walaupun begitu, buat yang suka film-film kaya Hobo with a Shotgun atau Machete atau lagi butuh hiburan film aksi dengan twist yang bikin kaget meski gak masuk akal, Banshee tampaknya bisa jadi salah satu pilihan yang baik buat tontonan akhir pekan kalian.



No comments:

Post a Comment